Banyak kreativitas seiring dengan ilmu komunikasi

Penulis : Ulil Azmi Khoirunnisa

JurnalPost.com – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Menjadi program studi terkreatif dan terpopuler di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Karya-karya yang dihasilkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi tidak hanya berhenti pada perkuliahan saja, namun pada ilmu-ilmu yang akan mereka peroleh dari perkuliahan, dan pada saat itulah para lulusan ilmu komunikasi akan terus berinovasi dan berkreasi.

Tahun ini, Ilmu Komunikasi UMM resmi menerima program studi dengan akreditasi internasional dari FIBAA yang berbasis di Jerman. Sertifikat akreditasi telah diterima pada Selasa, 4 Juli 2023 lalu. Ini merupakan penutup gelar Ilmu Komunikasi UMM setelah ditetapkan sebagai program studi bersertifikat AUN QA pada tahun 2021.

Program Studi Ilmu Komunikasi UMM sendiri tidak pernah berhenti untuk mewadahi kreativitas mahasiswanya. Pada tanggal 31 Oktober 2023 telah dilaksanakan Communication in Action atau biasa disebut KOMMAKSI. Rangkaian agenda dikemas mewakili program studi Ilmu Komunikasi, pada pukul 10.00-14.00 WIB akan diadakan pameran Pameran seni dan proyek. Tidak sampai disini saja namun rangkaian KOMMAKSI berlanjut Commtalk atau biasa kita kenal dengan rangkaian sharing bersama para wisudawan hebat lulusan Ilmu Komunikasi UMM pada pukul 13.00 WIB. Dan mulai pukul 17.00 WIB hingga malam hari, rangkaian pemberian penghargaan terus berlanjut bagi kelompok mahasiswa yang berprestasi dan kreatif dalam menyelesaikan tugas praktik lapangan selama masa studinya.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor I UMM Syamsul Arifin didampingi Nasrullah, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi dan Kepala Lab Komunikasi Widiya Yutanti. Pembukaan agenda penghargaan KOMMAKSI ditandai dengan penekanan tombol pada perangkat yang terhubung dengan layar monitor besar, yang menampilkan video perkenalan karya mahasiswa.

READ  Terdapat 21 pabrik hidrogen hijau di Indonesia, berikut daftarnya

Gerry Giannola, Ketua Bem FISIP UMM yang menyaksikan rangkaian acara KOMMAKSI pun menyampaikan apresiasinya karena terselenggaranya acara yang sangat meriah.

“Sungguh sangat bermanfaat sekali, karena mahasiswa ilmu komunikasi ini sering kali membawa penemuan dan kreativitas yang berdampak cukup besar bagi mahasiswa lain untuk membawa makalah tersebut ke acara selanjutnya, semoga,” kata Gerry saat wawancara saat menghadiri acara KOMMAKSI.

KOMMAKSI sendiri merupakan acara tahunan untuk mengapresiasi karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM. Acara tahunan ini tidak diadakan karena sedang masa pandemi.

Adapun mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 yang meraih penghargaan proyek terbaik, Nabil Raihan dari kelompok Panorama Project jurusan Jurnalistik 1, mempunyai pendapat tentang keberadaan KOMMAKSI.

“Di sinilah kita mendapatkan ilmu dan praktek. Dengan adanya rangkaian yang sangat kreatif ini saya merasa bangga menjadi bagian dari Ilmu Komunikasi,” kata Nabil saat diwawancarai setelah menerima penghargaan tersebut. proyek terbaik.

Hal ini memungkinkan hal tersebut terjadi roh pelajar untuk meraih emas Indonesia. Kita memerlukan penemuan-penemuan baru, inovasi-inovasi baru, kreativitas dan kolaborasi untuk maju bersama.

Ilmu Komunikasi UMM memang pantas dipopulerkan. Selain akreditasi internasional, ada empat alasan Komunikasi UMM menjadi pilihan yang sangat baik.

Dinda selaku mahasiswa ilmu komunikasi sekaligus panitia penyelenggara acara yang digelar ini.

“Mungkin kita berharap bisa melahirkan generasi emas yang mampu bersaing di dunia kreatif,” ujarnya di sela-sela acara.

Dengan rentetan kesuksesan tersebut, mahasiswa ilmu komunikasi berpeluang menyelesaikan perjalanan kesuksesan. Mungkin karena kerja praktek mahasiswa UMM mendapat penilaian tersendiri oleh banyak kalangan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *