Konferensi Regional Masyarakat Islam Jawa Timur untuk Mewujudkan Masyarakat Islam dan Umat Sejahtera

Dokumentasi negosiasi regional
Masyarakat Islam Jawa Timur. Sumber:
Dermaga. Sendiri

Surabaya, JurnalPost.com – Graha Zabannur di Jambangan, Surabaya menjadi saksi booming penyelenggaraan “Konferensi Daerah Umat Islam Provinsi Jawa Timur”. Pada hari Minggu tanggal 19 November 2023 acara dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Kepala Dinas Kesejahteraan Rakyat Bapak Imam Hidayat, S.Sos, MM.

Acara ini juga dihadiri oleh Ir. Dávid Chalík MM, M.Ag. selaku Wakil Ketua Infokom Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam dan Bapak Rodhi Atam, SH dari Bakesbangpol Jawa Timur selaku analis kebijakan ahli muda memberikan dukungan yang luar biasa dan penting bagi suksesnya acara ini.

Dewan Pimpinan Masyarakat Islam (SI) Provinsi Jawa Timur mengadakan diskusi regional dengan topik “Dengan adanya diskusi regional Syarikat Islam di Jawa Timur, kita wujudkan masyarakat Islam dan masyarakat sejahtera”, tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat keimanan, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan mengarahkan tindakan – peralihan organisasi ke peran yang lebih proaktif di masyarakat,” kata Pj Ketua Pengurus Wilayah SI Jawa Timur, KH Ir. Sayuri Rustam, MM.

Pada acara ini, Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr. Ph.D., berhasil terpilih menjadi kepala pemerintahan daerah. Sementara itu, Prof. Ir. Mukhtasor, M.Eng., Ph.D. terpilih sebagai ketua dewan daerah. Kami berharap kedua pemimpin ini membawa perubahan positif bagi perkembangan masyarakat Islam di kawasan ini.

Perdebatan daerah ini terinspirasi dari sejarah panjang Syarikat Islam yang lahir sebagai pionir Gerakan Kebangkitan Nasional pada tahun 1905. Organisasi ini berhasil berperan penting dalam mengusir penjajah Belanda dan sejak itu menjadi wadah perjuangan umat Islam. demi kemerdekaan Republik Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Timur.

Dalam muqodimah tersebut ditegaskan bahwa regenerasi Syarikat Islam perlu dilakukan dengan menyusun program kerja yang nyata dan relevan. Konferensi regional merupakan langkah strategis menuju perwujudan cita-cita tersebut, sekaligus menjawab tantangan zaman dan memastikan peran penting bagi masyarakat dan bangsa.

READ  Pemasaran Konten Efektif Di Palu Terkini

Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 10 dan hadits tentang pentingnya silaturahmi menjadi landasan kegiatan ini. Tujuannya tidak hanya untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah di kalangan jemaah Syarikat Islam, namun juga menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Jawa Timur di tengah polarisasi politik yang dapat merugikan semua pihak.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Kepala Dinas Jaminan Sosial
Rakyat, Imam Hidayat, S.Sos, MM,.
Sumber: Dok. Sendiri

Dalam musyawarah daerah ini, berkumpul lebih dari 150 perwakilan pengurus cabang SI se-Provinsi Jawa Timur untuk melanjutkan kepemimpinan, mempererat tali silaturahmi, dan memperkokoh bangsa dan masyarakat. Program kerja yang dihasilkan diharapkan mampu menjawab permasalahan internal, eksternal, dan umum yang dihadapi masyarakat Jawa Timur dengan fokus pada kepentingan rakyat dan masyarakat.

Sebagai penutup, beliau menyampaikan harapan atas dukungan moral, finansial, energik dan ideologis dari seluruh komponen masyarakat. Keberhasilan kegiatan ini tidak hanya diukur dari keberhasilan pelaksanaannya, namun juga dampak positifnya terhadap kehidupan umat Islam dan masyarakat Jawa Timur secara keseluruhan.

Kami berharap segala tindakan yang diambil senantiasa atas rahmat Allah SWT yang selalu menyertai setiap usaha dan pengabdian umat Islam saat ini dan di masa yang akan datang. Fattaqullaha Mastatho’tum Billahi Fii Sabilil Haq.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *