Penerapan energi terbarukan untuk penerangan ruang hijau

Suasana malam hari di RTH Gintangan

JurnalPost.com – Desa Gintangan, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. kini memiliki taman hijau yang cerah dan berwarna-warni berkat program pengabdian masyarakat yang menerapkan pencahayaan panel surya.

Program ini merupakan inisiatif Teknologi Rekayasa Manufaktur Politeknik Negeri Banyuwangi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus mendukung upaya perlindungan lingkungan.

Melalui program ini, puluhan lampu di taman hijau desa tersebut kini ditenagai oleh energi surya yang dipadukan dengan listrik konvensional.

Dosen eksekutif sekaligus pimpinan Dusun Krajan Gintangan

Pemanfaatan panel surya sebagai sumber energi merupakan langkah inovatif yang tidak hanya mengurangi ketergantungan terhadap listrik konvensional, namun juga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Kepala Dusun Krajan Gintangan, Bapak Sumitro menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan.

“Program ini tidak hanya memberikan penerangan yang lebih baik pada lahan parkir hijau kami, tetapi juga memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat tentang teknologi ramah lingkungan. Ini adalah langkah positif menuju pembangunan berkelanjutan.”

Harapannya, program serupa dapat terus dikembangkan di berbagai daerah dan membawa manfaat baik bagi masyarakat dan lingkungan. Program seperti ini merupakan contoh inspiratif tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memberdayakan masyarakat sekaligus mendukung tujuan keberlanjutan.

Quoted From Many Source

READ  Sebuah kios sampah plastik di Rajeg Tangerang terbakar diduga akibat puntung rokok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *